Bagus ya, Baju Pilotnya

Profesi PilotProfesi Pilot

Bagus ya, Baju Pilotnya

Doa untuk para Korban pesawat Sukhoi, Ya Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang…., Kami semua memohon kepada-Mu… Terimalah amal ibadah para korban pesawat Sukhoi yang telah wafat menghadap-Mu, Ampunilah dosa-dosa mereka yaa… Allah, tempatkan mereka di surge-Mu yang indah.

Berikan ketabahan pada keluarga yang ditinggalkan, hapuskan kesedihan mereka, ya Allah, Berikan kemudahan pada regu penolong tim SAR untuk menemukan korban yang belum di temukan, sungguh hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan, Engkaulah yang maha pengasih dan penyayang, kami mohon pada-Mu ya Allah…, Jangan lagi ada musibah di negeri ini…, kabulkanlah doa kami ya Allah, sungguh hanya Engkaulah maha pengabul doa, Amiin yaa Robbal ‘Alamin…

Suasana khusyuk dan syahdu begitu terasa, saat M. Fahd Adzaki membacakan baris demi baris untaian doa untuk para korban jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100 di gunung Salak beberapa saat yang lalu. Selesai doa dibacakan, bersama-sama 15 guru pendamping, siswa KB-TK Al Falah yang berjumlah 170 siswa melantunkan bacaan surat Al Fatihah untuk para korban.

Berkaitan dengan tema profesi kali ini KB-TK Al Falah, mengundang Yusuf Herdiaman, kapten pilot maskapai penerbangan Kal-Star. Sedangkan pembacaan doa untuk para korban dilaksanakan sebelum pemutaran film yang berkaitan dengan pesawat dan bagian-bagiannya.

Suasana ruangan tempat pemutaran film yang berkaitan dengan pesawat di setting layaknya gedung bioskop. Masing-masing anak membawa uang tiruan untuk membeli tiket pada loket yang telah disediakan. Setelah membeli tiket masuk, masing-masing anak juga membeli popcorn yang telah disiapkan oleh guru pembimbing masing-masing. “Pop corn ini dimasak menjelang acara ini, tadi pagi di dapur sekolah, supaya fresh saat dikonsumsi anak-anak,” kata Usth. Arie Sukma Soesandari, S.E., koordinator acara puncak tema kali ini.

Saat nara sumber di hadirkan di tengah bocah-bocah cilik itu, tak sedikit dari mereka yang berebut ingin bersalaman dengan kalten pilot yang telah menerbangkan pesawat lebih dari 4.000 jam, dan telah bertugas lebih dari 14 tahun. Penuh kesabaran, Yusuf Herdiaman, sebagai nara sumber yang dihadirkan pada hari itu, dengan sabar menyalami siswa-siswa yang berebut menyalaminya. “Pak pilotnya bagus ya, bajunya…,” kata Lalu Muhammad Surya, siswa kelompok B1 mengagumi penampilan pilot yang hadir hari itu di hadapan anak-anak.

Membawa miniatur pesawat, Yusuf Herdiaman menerangkan pada siswa yang hadir di ruangan itu bagaimana kerja mesin-mesin pesawat, juga proses keamanan yang ada di dalam pesawat. “Jadi, sesungguhnya pesawat itu telah dilengkapi dengan serangkaian alat navigasi yang menjadi pemandu pesawat dalam perjalanannya, jadi Insya-Allah aman untuk kalian,” kata Yusuf Herdiaman menjawab pertanyaan anak-anak tentang kemanan pesawat, terkait dengan ramaianya pemberitaan tentang pesawat yang jatuh. “Jika ada kecelakaan seperti yang baru saja terjadi, bisa jadi itu karena faktor alam, cuaca, atau hal lain di luar kendali kita,” sambungnya.

“Kegiatan ini merupakan puncak dari tema profesi yang dipelajari anak-anak dalam sebulan ini, sengaja kami datangkan untuk menjawab rasa ingin tahu anak-anak seputar ramainya pembicaraan terkait dengan kecelakaan pesawat yang baru-baru ini terjadi,” kata Usth. Siti Fauziah, S.Pd., kepala KB-TK Al Falah terkait dengan tujuan kegitan tematik yang diadakan pada hari itu. (Fz)