DIANPINRU, Melatih Disiplin, Kebersamaan dan Tanggungjawab

Dianpinru SMP

Gladian Pimpinan Regu

Dianpinru merupakan singkatan dari Gladian Pimpinan Regu. Dianpinru adalah kegiatan Pramuka Penggalang untuk mendidik dan melatih Pemimpin Regu Utama (Pratama), Pemimpin Regu (Pinru) dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru). Gugus Depan 18.147-18.148 Pangkalan SMP Al Falah Deltasari Waru Sidoarjo, menyelenggarakan kegiatan Dianpinru dengan maksud membentuk kader pramuka yang berwawasan leadership dan memiliki kemampuan manajerial kepramukaan yang baik, membentuk kader pemimpin pramuka yang disiplin, mandiri dan bertanggungjawab. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan bekal materi teknik kepramukaan untuk mempersiapkan kader-kader pramuka yang siap bertarung pada lomba-lomba dan event-event kepramukaan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 29-30 Oktober 2016, bertempat di Batalyon Intai Amfibi (Yon Taifib) Karangpilang Surabaya, diikuti oleh seluruh Pemimpin Regu dan Wakil Pemimpin Regu dari kelas 7 dan 8 Gudep 18.147-18.148 dengan total peserta sebanyak 77 siswa. Kegiatan ini juga diikuti Pengurus Mabigus, ustadz-ustadzah dan pembina lapangan yang ditugaskan sebagai panitia pelaksana dan pembina pendamping. Materi yang disampaikan kepada peserta Dianpinru dibina oleh 6 Marinir dari Korps Marinir Batalyon Intai Amfibi yang dipimpin oleh Kapten Lilik sebagai palaksa dan Kak Ilyas sebagai koordinator tim pemateri. Agenda kegiatan diawali dengan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan seluruh peserta siap mengikuti seluruh agenda kegiatan dengan kondisi fisik yang sehat. Dilanjutkan dengan penyampaian materi-materi kegiatan meliputi PBB, membaca dan menggunakan kompas, rapling (turun dari ketinggian 10 meter dengan menggunakan tali), jurit malam, senam pagi dan game team building.

Peserta juga dibiasakan untuk mengikuti kegiatan keagamaan seperti shalat berjamaah, dzikir, tadarus, kultum dan shalat malam. Satu hal yang sangat berkesan bagi peserta adalah semua kegiatan yang dilaksanakan berjalan tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan. Penyampaian materi, kegiatan ibadah, waktu istirahat, bahkan agenda makan dan tidur pun semuanya diawali tepat waktu dan berakhir tepat waktu.

Semua kegiatan di atas bertujuan untuk membentuk kader pemimpin yang disiplin, berani, mandiri dan bertanggungjawab dengan landasan iman dan takwa yang teguh. Anak-anak kita juga meninggalkan kesan yang sangat berharga bagi marinir terlatih yang ada di satuan Taifib tersebut, sebagaimana yang telah disampaikan Kak Ilyas selaku Koordinator pemateri dalam sambutan penutupnya, “Ada kesan yang sangat berharga dan mengharukan bagi saya, disaat adik-adik masih dalam kondisi lelah dan mengantuk, adik-adik masih bisa menyempatkan diri untuk bangun malam dan shalat malam bersama-sama di mushalla, saya menangis menyaksikan adik-adik dari luar mushalla. Hal ini menyadarkan kami bahwa sebagai tentara terlatih kami tetap harus ingat kepada Allah dan berserah diri kepadaNya. Hal inilah yang akan saya tanamkan di dalam diri saya dan juga teman-teman Marinir lainnya. Terima kasih telah memberikan kesan yang sangat berharga kepada kami, mudah-mudahan bermanfaat buat kita semua khususnya untuk adik-adik yang telah menjadi inspirasi buat kami.” (twb)