Beranda

Berita

  • Petik Madu, Wahana Entrepreneurship
    Petik Madu,  Wahana EntrepreneurshipSiapa yang tidak tahu khasiat madu? Dalam Al Quran disebutkan bahwa madu memiliki khasiat sebagai obat yang menyembuhkan bagi manusia (Q.S. An Nahl, 68-69). Ditegaskan pula oleh Rasulullah Saw, “Hendaklah kalian menggunakan dua obat yaitu madu dan Al Quran.” Setiap muslim meyakini akan manfaat dan khasiat madu yang luar biasa untuk penyembuhan suatu penyakit. Bahkan orang berani merogoh kocek sampai jutaan rupiah untuk sebotol madu. Tak salah bila perburuan di Petik Madu menjadi destinasi field trip 2019 kelas VII SMP Al Falah Deltasari. Apa pasal? Pembelajaran di Petik Madu sarat entrepeneurship. Budidaya lebah sampai dengan panen madu. Varian produk yang dihasilkan serta kelas-kelas mikrobiologi yang tersedia di wahana ini menginspirasi untuk menciptakan ide-ide kreatif lainnya.
  • Study Excursie 2K18 Spelfas
    Study Excursie 2K18 SpelfasPada tanggal 11 Desember 2018, SMP Al Falah Surabaya (Spelfas) mengadakan kegiatan belajar di luar sekolah. Kegiatan tersebut diberi nama Study Excursie 2K18. Acara dimulai dari pukul 0730 sampai dengan 14.00. Siswa-siswi tampak bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. Lokasi tujuan pertama adalah Trotter Equestrian Center Surabaya Ridding School. Di lokasi ini, para siswa dikenalkan pada sebuah olahraga yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Saw yaitu berkuda.
  • Maulid Nabi di KB-TK Al Falah, Menumbuhkan Cinta kepada Rasul
    Maulid Nabi di KB-TK Al Falah,  Menumbuhkan Cinta kepada RasulKB-TK Al Falah Surabaya memperingati Maulid nabi Muhammad Saw 1440 H. yaitu hari kelahiran nabi tercinta, nabi umat Islam di seluruh dunia. Anak-anak datang ke sekolah dengan wajah ceria, memakai pakaian busana muslim-muslimah, dan dengan bangga membawa bekal makanan khas Timur Tengah.
  • Murajaah Setiap Hari
    Murajaah Setiap HariKegiatan membaca Al Quran seyogianya dibudayakan sejak dini. Harapannya, kegiatan tersebut menjadi aktivitas positif yang melekat dalam kehidupan sehari-hari. Hal itulah yang diterapkan di sekolah SD Al Falah Surabaya. Kegiatan mengaji memang sudah menjadi pelajaran pakem di sana. Namun agar menjadi pembiasaan, perlu strategi yang lebih manjur dalam penerapannya. Salah satunya adalah degan murajaah saat jam istirahat. Murajaah ini dilakukan oleh siswa yang sudah hafal juz ke-30, juz ke-1, juz ke-2, dan juz ke-3.

Artikel

  • Akselerasi Kebaikan Melalui Ramadan
    artikel

    Bulan Ramadan dikenal sebagai bulan penuh berkah, pintu maaf terbuka. Diwajibkan umat muslim di seluruh dunia untuk menunaikan ibadah puasa yang memiliki banyak keutamaan. Bahkan ada sebuah ungkapan ‘Seseorang yang berpuasa dan mereka hanya tidur seharian maka dosanya pun juga terampuni’. Begitu utamanya puasa di bulan Ramadan.

  • Menyimak Talents Mapping
    Wahyuningsih “Mengambil pelajaran tidak harus dengan pengetahuan tetapi juga bisa melalui pengalaman menarik”

    Inilah sekelumit pernyataan Abah Rama Royani dalam buku beliau yang berjudul “Talent Mapping” inspirasi untuk hidup lebih asyik dan bermakna.

  • The Power of Istiqamah

    Abdillah F Hasan (penulis The Power of Istiqamah)Alkisah, seorang murid dari negeri seberang menuntut ilmu di negeri nan jauh. Ia melewati hutan belantara dan dan mengarungi lautan hanya untuk menimba ilmu dari seorang maha guru yang terkenal. Hanya berbekal tekat kuat si murid akhirnya tiba ke tempat tujuan, di sebuah pulau yang jarang dijamah manusia. Di sana, tidak hanya dirinya, sudah ada sepuluh murid yang juga belajar bersama.

Prestasi

  • Meraih Juara di Baronas 2019
    Meraih Juara di Baronas 2019 Prestasi Prestasi Meraih Juara di Baronas 2019 (1)membanggakan kembali diukir oleh siswa SD Al Falah Surabaya dalam kompetisi lomba robot tingkat nasional. Mereka sukses merebut juara pertama di ajang Lomba Robot Nasional (Baronas 2019) yang digelar di gedung Robotika ITS.

    Tim robot yang dipimpin Hernawan Santosa atau Osa ini berhasil menyingkirkan 160 tim dari seluruh Indonesia. Osa yang duduk di kelas VI-A SD Al Falah bersama Rayhan Amir Radjab dan Davin Adiyatma Putra Ramadan ikut dalam nomor line tracer. “Saya yang memprogram sendiri dengan bimbingan pelatih. Saya sudah yakin kalau robot saya bakal juara,” ucap Osa.

  • Tim Robotik Juara Lomba di Jepang
    Tim Robotik Juara Lomba di Jepang Tim Robotik SD Al Falah Surabaya, lagi-lagi memenangi lomba robotika yang diselenggarakan oleh IISRO (International Islamic School Robot Olympiad) di Jepang. Kegiatan ini adalah kegiatan lomba tahunan untuk tingkat SD dan SMP. Ini adalah kali pertama SD Al Falah mengikuti kejuaraan di luar negeri. Namun sebelumnya, tim robotik ini telah berhasil memenangkan lomba yang diselenggarakan di tingkat local maupun nasional.