Kunjungan Duta Literasi SD Al Falah ke Perpustakaan Kota Surabaya

Laporan Kunjungan ke perpus SBY SDPerpustakaan Kota Surabaya setiap tahun memiliki agenda kegiatan wisata buku bagi siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) di seluruh wilayah Surabaya. Pada tahun ini Balai Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya bekerjasama dengan penerbit Erlangga memberi akomodasi kendaraan antar jemput siswa. Perpustakaan SD Al Falah Surabaya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut pada bulan Februari 2017. Perpustakaan SD Al Falah Surabaya melaksanakan kunjungan wisata buku pada hari Kamis, 18 Februari 2017 yang didampingi oleh Kak Arief selaku petugas dari Perpustakaan Kota Surabaya sekaligus konseling di perpustakaan SD Al Falah Surabaya.
Perpustakaan SD Al Falah mengirim duta literasi sebanyak 14 siswa, yaitu kelas 4 dan kelas 3. Kegiatan dilaksanakan di Badan Arsip dan Perpustakaan Kota, Jl Rungkut Asri Tengah no. 5-7 Surabaya. Selama di Perpustakaan Kota Surabaya, siswa SD Al Falah mengikuti kegiatan mendongeng, pengenalan lingkungan Perpustakaan Kota dan menulis resume buku yang dibaca dengan lokasi kegiatan di Ruang Baca Buku Anak-anak.

Duta literasi SD Al Falah antusias ketika Kak Chiko menampilkan dongeng tentang ibu. Mereka juga diberi pelajaran bagaimana cara tampil mendongeng di depan forum. Saat istirahat, Nadhifah, Aisyah dan Ayesha begitu semangat menirukan Kak Chiko sambil memainkan boneka sebagai alat mendongeng.

Setelah kegiatan mendongeng, acara dilanjutkan dengan kegiatan perkenalan lingkungan Perpustakaan Kota. Para siswa diperkenalkan berbagai tempat, seperti lokasi pendaftaran anggota dan tempat sirkulasi (peminjaman dan pengembalian buku). Ruang Administrasi, Ruang Buku Referensi yang ditempatkan khusus dalam satu ruang, Ruang Baca Buku Dewasa, Ruang Baca Buku Anak-Anak dan lain sebagainya. Saat kegiatan resume buku, siswa diberikan selembar kertas. Judul buku yang akan ditulis dalam lembar resume diserahkan kepada para duta literasi SD Al Falah. Hasil resume buku tersebut meliputi judul buku, pengarang dan penerbit, jumlah halaman buku, tokoh dan karakter tokoh, kesimpulan cerita dan pesan moral.

Kemudian siswa diberikan kesempatan untuk tampil dan menceritakan kembali hasil kesimpulan cerita dari buku yang dibacanya. Ada 3 duta literasi yang berani tampil menceritakan buku yang dibacanya. Yang paling antusias dan aktif pada seluruh kegiatan wisata buku ini adalah Nadhifah Husna dan Ayesha Viernia dari kelas 3B. Mereka berdua mendapatkan hadiah buku dari kakak pembina Perpustakaan Kota Surabaya. (widi)