Lembaga Pendidikan Al Falah

abdul-kadir-baraja-edit

Ust. Ir. Abdul Kadir Baradja

Muqoddimah

 

“Orang tua (Keluarga) adalah sebuah sekolah yang jika engkau mempersiapkannya berarti engkau telah mempersiapkan suatu bangsa yang mempunyai akar-akar yang baik”.

Salah satu penyebab timbulnya kenakalan anak, rusaknya akhlak, dan hilangnya kepribadian mereka adalah karena keteledoran kedua orang tua dalam memperbaiki, mengarahkan, dan mendidik anak.

Tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anak adalah sangat besar, karena merekalah yang selalu berdampingan dengan anaknya semenjak ia dilahirkan hingga tumbuh besar dan mencapai usia yang layak untuk memikul kewajiban.

Kebersamaan kedua orang tua dalam mempersiapkan generasi dan mendidik anak sangat penting. Jika kedua orang tua melalaikan pendidikan anak-anaknya karena sibuk berkarir maka anak akan tumbuh dewasa sebagai anak “yatim” dan hidup sebagai anak terasing. Bahkan secara tidak langsung mereka akan menjadi penyebab kerusakan umat.

Allah berfirman dalam surat An Nisa’ ayat 9, “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah (aqidah-akhlak, ilmu, ekonomi, dan lain-lain), yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar”.

Dalam kondisi seperti sekarang ini, tidak bisa diingkari bahwa banyak kedua orang tua yang kehabisan waktu untuk mendidik anak-anaknnya karena sibuk bekerja, sehingga melalaikan tugasnya sebagai orang tua yang justru lebih penting dari yang lainnya.

Oleh karena itu, dalam rangka meringankan beban dan tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anak-anaknya, Lembaga Pendidikan Al Falah Surabaya berusaha membantu melaksanakan amanah suci kedua orang tua itu dengan mendidik dan mengarahkan mereka supaya menjadi anak-anak salih-salihah yang memiliki ketakwaan (aqidah) yang mantap, berakhlak mulia, memiliki kemampuan intelektual (akademis) yang tinggi, berketrampilan canggih, peduli dengan agamanya, lingkungan sosialnya serta siap hidup menatap zamannya di masa mendatang dengan ridho Allah SWT.

Aamiin.