Memaknai Kartini yang Muslimah Lewat Sinergi Lomba Ibu dan Anak

-KARTINI-YANG-MUSLIMAH
Dalam rangka menanamkan jiwa cinta tanah air dan menghargai jasa para pahlawan, maka pada bulan April KB-TK Al Falah memperingati hari Kartini. Beliau adalah pahlawan emansipasi wanita Indonesia yang berjuang mengangkat derajat wanita, utamanya terhadap hak pendidikan.

Usaha RA Kartini telah dirasakan oleha para wanita Indonesia, tidak hanya dalam pendidikan, juga pekerjaan. Berkaitan dengan hal tersebut KB-TK Al Falah mengadakan lomba memakaikan jilbab, berupa kerjasama antara ibu dan anak dengan kostum kebaya atau kebaya modern sesuai dengan tema “Kartini yang Muslimah.”

Sabtu pagi yang cerah tanggal 16 April 2016, KB-TK Al Falah Surabaya yang berlokasi di Jalan Siak no 2 Surabaya tampak ramai. Banyak wali murid disertai dengan putra-putrinya melakukan pendaftaran lomba memakai jilbab.  Setelah melakukan registrasi langsung mendapat nomor peserta, lalu diarahkan untuk  mencari nomor meja yang telah disediakan.

Sebelum lomba dimulai, diawali dulu dengan pembacaan ayat suci Al Quran, yaitu surah Ar Rahman ayat 1 – 11 yang dibacakan oleh Aisyah Shabira Mujahidah Sutanto (B3) dan diterjemahkan oleh Athena Rachel Zaini. Acara dilanjutkan dengan tampilan dari KB menyanyikan lagu Kasih Ibu. Kelompok TK-A menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini dan kelompok TK-B menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia yaitu Indonesia Raya dan ditutup dengan tampilan dari perwakilan TK-B1 berupa pembacaan Pancasila. Selanjutnya acara sambutan dari Kepala KB-TK Al Falah, Ustadzah Dra. Kamini dan ditutup doa oleh Ustadzah Dra. Aslihatul Hayati.

Tibalah di puncak acara, yaitu lomba memakaikan jilbab yang merupakan perpaduan kerjasama antara ibu dan anak. Kriteria penilaian lomba dibedakan berdasarkan jenjang. Untuk kelompok KB, siswa membantu mengambilkan jarum pentul. Untuk kelompok TK-A siswa membantu memegang dan mengambilkan jarum pentul atau sesuatu alat yang digunakan sesuai permintaan orangtua. Dan untuk kelompok TK-B siswa membantu memegang jilbab, mengambilkan jarum pentul dan asesoris yang digunakan.

Detik-detik berlangsungnya lomba tidak terlepas dari pengamatan para juri yang berasal dari ustadzah KB-TK Al Falah dengan menggunakan sistem silang yang diketuai oleh Ustadzah Ari Sukma Soesandari, SE. Diantara pemenangnya: untuk kelompok KB, juara 1 diraih oleh Kanaya Aqila Diansetya (Rahim),  juara 2 Anira Baiza Putri Prasetia (Rahman) dan juara 3 Eleanor Faizah Valerie (Rahman).

Untuk kelompok TK-A, juara 1 diraih oleh Nasywa Adzakia Azzahra (A1),  juara 2 Naashir Sidiq (A2) dan  juara 3 Zivara Aqila Putri Riza (A3). Untuk kelompok TK-B, juara 1 diraih oleh Muhammad Fathan Hafizulhaq (B2), juara 2 Atiqa Zahra Tsabitah Diaz (B1) dan juara 3 Ramadhannia Lady Lesman (B2).

Pada akhir acara ada anak yang menangis karena tidak mendapat piala. Itulah dunia anak-anak, betapa lucu dan polosnya mereka. Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar hingga selesai. Semoga pada kesempatan kegiatan yang lain akan memberi pengalaman kepada siswa-siswi KB-TK Al Falah, wali murid dan juga sekolah (Nur Aida Jasmin)