Memborong Juara Lomba Robotika

Tim Lomba Robot SMP Al Falah Deltasari

Tim Lomba Robo

Rasulullah bersabda “ Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah, pada keduanya ada kebajikan” (HR. Muslim)

Ada istilah gaptek , yaitu gagap teknologi. Jika kita dikatakan gaptek , tentu malu rasanya, karena tidak bisa mengoperasikan laptop atau tidak tahu internet di era digital seperti sekarang ini. Sehari-hari sering kita dengar atau lihat papan iklan “Ndeso tidak tahu internet!’’. Tetapi, hal itu tidak akan berlaku bagi siswa SMP Al Falah, mereka semua sudah bisa membuat presentasi dari powerpoint, email bahkan diantaranya ada yang sudah mampu merakit robot.

Mereka yang mampu merakit robot adalah siswa ektrakulikuler robotika. Dari tangan-tangan terampil mereka, SMP Al Falah mampu memborong Juara I dan II dalam IT-Smart Robotic Computer Education. Tepatnya pada Jumat, 28 Oktober 2011 di Royal Plaza. Perlombaan robot yang diikuti oleh pelajar SMP dan SMA se-Gerbangkertosusila (Gresik,Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan) cukup bergengsi. Karena pesertanya beragam dari sekolah negeri maupun swasta. Kebanggaan itu terlihat dari raut wajah mereka, setelah menyisihkan peserta lain yang lebih tinggi yaitu siswa SMA dan juga sekolah favorit lainnya.

Perasaan senang dan bangga berbaur menjadi satu, karena melihat lawannya mampu dikalahkan padahal peralatan mereka lebih canggih dan mahal. “Senang sekali dan bangga karena bisa menang dengan siswa SMA yang peralatannya lebih canggih dan mahal. Kita hanya menggunakan peralatan yang simple saja,” ujar Abizhar siswa kelas IX-1.

SMP Al Falah menurunkan dua tim dalam lomba ini, dan berhasil meraih juara semua. Kelompok pertama adalah Abizhar kelas IX-1, Yazid kelas IX-3 dan Faisal kelas IX-1 berhasil meraih Juara I Robotika. Sedangkan Juara II diraih oleh Rangga kelas IX-3, Fairus kelas IX-1 dan Rahardian siswa kelas IX-3. Atas prestasinya mereka berhak meraih piala, uang tabungan dan piagam penghargaan.

Semua pertasi itu dari hasil usaha, doa dan persiapan yang cukup. Mereka melakukan persiapan selama 4 hari dengan durasi waktu 2 jam setiap pertemuan diluar jam ektrakurikuler. “Kesuksesan ini berkat doa, dukungan, bimbingan dan ridha Allah Swt.,” ujar Rangga. Dengan berbekal kesungguhan dan latihan rutin , belajar mereka merakit robot, membuahkan prestasi. Keberhasilan ini membuktikan bahwa SMP Al Falah telah menunjukkan prestasinya di laga Robotika. (Indarto)