Amirul bersama Ust. ZuhriAmirul bersama Ust. Zuhri

Amirul Juara MTQ Provinsi Jawa Timur

Untuk mengikut lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi ini tidak mudah, karena harus melalui seleksi yang cukup kompetitif. Amirul mulai meraih prestasi demi prestasi berawal dari kompetisi tingkat kecamatan dan kabupaten Sidoarjo. Amirul juga sering mengikuti lomba seni baca Al Quran disetiap even perlombaan yang diadakan oleh sekolah-sekolah Islam maupun oleh Dispendik Sidoarjo.

Keberhasilan Amirul Taufiqul Hakim siswa kelas VIII-3 ini tak lepas dari kerja keras dan semangat berlatih. Misalnya ketika siswa yang lain sudah pulang ke rumah Amirul masih di sekolah mendapat bimbingan dari utadz Zuhri selaku guru Al Quran. Karena atas dasar rasa cinta kepada Al Quran, lelah capek setelah mengikuti pembelajaran di sekolah tidak terasa. “Dengan bimbingan secara terus menerus, penuh ketelitian, dan disiplin prestasi bisa diraih,” ujar Ustadz Zuhri.

Setelah meraih juara I seni baca Al Quran di Dispendik Sidoarjo pada 7 Mei 2009, Amirul ditunjuk untuk mewakili kabupaten Sidoarjo pada MTQ tingkat Propinsi Jawa Timur di Asrama Haji Sukolilo. Perlombaan MTQ ini tentu mendapat perhatian lebih dari sekolah, selain misi dakwah juga membawa nama baik Kabupaten Sidoarjo. Selama persiapan untuk mengikuti perlombaan MTQ, sekolah melakukan pembinaan secara terus menerus. Ustadz Zuhri semakin intensif membimbingnya, dibantu utadzah Ita selaku wakasek kesiswaan yang pernah menjadi Juara MTQ Nasional.

Hari-hari yang dinanti akhirnya datang juga yaitu pada 23-25 Juni 2009 masuk karantina di Asrama Haji Sukolilo. Babak penyisihan lomba diumumkan pada malam hari di hari kedua, Amirul lolos masuk 5 besar dari 80 peserta se-Jawa Timur. Pada hari yang terakhir semakin menegangkan, pembina dan orang tua selalu harap cemas dengan iringan doa kepada Allah SWT. Pada hari terakhir yaitu 25 Juni diumumkan oleh dewan juri, Amirul dengan nomor peserta 88 sebagai juara II. “Alhamdulillah, senang Ustadz meraih juara II di tingkat provinsi, rasanya lega latihan dan doa selama ini dapat prestasi,”ujar Amirul.

Kita semua juga ikut senang atas prestasi ini, semoga di waktu yang akan datang prestasi yang lebih tinggi di tingkat nasional maupun internasional bisa kita raih. Lebih dari itu rasa cinta kita kepada Al Quran yang penuh ajaran mulia ini mampu kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Amin. (Indarto)