Orasi Pak Nuh

Prof. DR. Muhammad Nuh, DEA:

Orang Tua Tidak Ingin Anaknya Lemah Akhlak

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Lembaga Pendidikan Al Falah Surabaya setiap akan memasuki tahun pelajaran baru diadakan orientasi wali murid baru, hal ini dimaksudkan untuk menyamakan visi, misi, persepsi, memperkenalkan sekolah dan program kegiatannya kepada orang tua dan masyarakat pada umumnya, menumbuhkan rasa kebersamaan, rasa memiliki, dan solidaritas yang tinggi terhadap sekolah, serta menanamkan rasa bangga pada wali murid terhadap Lembaga Pendidikan Al Falah Surabaya.

Menyadari akan pentingnya peran orang tua terhadap keberhasilan pendidikan anak, maka para orang tuapun sangat antusias untuk hadir pada acara yang digelar di gedung Telkom Divre V Surabaya itu yang juga dihadiri oleh Bapak Prof.DR. Moh. Nuh, DEA (Menkominfo RI).

Dalam kesempatan itu, Pak Nuh menyampaikan kenapa orang tua menyekolahkan anaknya? Karena tidak ingin menjadi anak yang lemah akhlak dan budi pekertinya. “Ada 3 kekuatan (pondasi) yang harus disiapkan orang tua untuk anaknya, yaitu 1) Kekuatan Iman, kekuatan iman ini biasanya muncul pada masa kritis atau pada masa-masa penting. 2) Kekuatan pola piker. 3) Kekuatan skill (kekuatan teknis), teknologi informasi (IT) termasuk pada kekuatan skill dan juga masuk pada kekuatan pola piker, kenapa? Karena setiap teknologi mempunyai value (Nilai penting). Jika seseorang melihat teknologi belum mampu memahami apa value nya, maka IT tersebut hanya akan menjadi sebuah alat saja, Sebaliknya, Jika seseorang melihat teknologi tersebut sudah mampu memahami apa value yang terkandung didalamnya maka selain menjadi alat ada 2 tambahan item lagi yaitu: Moderate yaitu IT tersebut akan menjadi penggerak bagi dirinya dan leader yaitu IT tersebut akan membuat dirinya menjadi pemimpin. 4) Kekuatan spiritual, seorang anak janganlah diajarkan hanya secara rasional saja tapi juga spiritual.” Kata Pak Nuh menambahkan.