Taman Kanak-kanak

Muqoddimah

Taman Kanak-Kanak (TK) Al Falah Surabaya resmi berdiri pada 3 September 1979. Di awal berdirinya, kegiatan proses belajar-mengajar TK masih memanfaatkan lantai 2 Masjid Al Falah, kemudian pada tahun 1986, salah seorang jamaah masjid menginfakkan rezkinya untuk membebaskan rumah di Jl. Taman Mayangkara 2-4, sehingga kemudian tempat belajar TK berpindah ke lokasi di Jl. Taman Mayangkara 2-4, tepatnya sebelah utara masjid, yang saat itu masih berupa bangunan rumah.

Kini sejak tahun 2001, TK Al Falah menempati sekolah di Jl. Siak No. 2 Surabaya. Sebagai sebuah kegiatan belajar pra-sekolah, keberadaan TK Al Falah memang tidak hanya menitikberatkan kepada upaya mengantarkan peserta didik memasuki lembaga pendidikan di jenjang lebih tinggi (SD), tapi juga memberikan bekal pengetahuan dasar yang bertujuan untuk memotivasi dan menyiapkan siswa memasuki jenjang pendidikan SD.

Usia kanak-kanak adalah masa yang sangat menentukan, masa emas ( golden age ) yang merupakan pondasi bagi setiap manusia dalam menapaki kehidupannya dimasa mendatang. Mengingat sangat pentingnya pendidikan di usia ini, maka TK Al Falah berusaha dengan sepenuh hati membantu orang tua dalam membimbing dan mendampingi ananda dalam proses fundamental ini.

Maka sebagai focus pendididikan usia dini, TK Al Falah meletakkan pembentukan karakter atau perilaku dengan berlandaskan Alqur-an dan Sunnah Rasul sebagai pijakan dalam pendidikannya dengan tetap mengembangkan aspek –aspek penting lainnya yaitu Kognitif atau kemampuan berpikir, kemapuan berbahasa atau komunikasi, psikomotor atau perkembangan fisik motoriknya.