Nuansa Kebhinekaan di Hari Pahlawan

sudah-edit-merdeka-dalam-kemerdekaan-_smp-3

Kebhinekaan di Hari Pahlawan

Bangsa yang baik adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Bentuk kenangan berupa aksi untuk mengingat perjuangan para pahlawan telah digambarkan pada kegiatan tanggal 10 November 2016 di lingkungan SMP Al Falah Deltasari. Siswa-siswi tampak sumringah memakai baju adat dari beberapa provinsi. Ada pula yang memakai kostum doreng layaknya tentara. Suara riuh rendah lagu Maju Tak Gentar dan Surabaya Oh Surabaya mengalun rapi tapi pasti. Menambah gempita susana pada hari itu.

Siswa-siswi terlebih dulu berkumpul di lapangan guna melaksanakan apel bersama. Bila dilihat dari barisan timur sampai barat, tampak seperti miniatur keanekaragaman budaya di Indonesia. Tak kalah lantang, pasukan Paskibraka yang sebelumnya dua minggu berlatih, tampil dengan matang. Derap sepatu dan langkah tegap dalam mengibarkan bendera memukau peserta apel. Suasan hening seketika saat Kepala Sekolah, Ustadz Darmanto, mengingatkan dalam pidatonya tentang makna kepahlawanan. Secara garis besar, beliau menyampaikan pentingnya mencontoh semangat pahlawan yang tanpa lelah berjuang membela bangsa.

Acara berlanjut dengan bazar yang disediakan oleh seluruh elemen kelas 7 sampai kelas 9. Semua antusias dengan makanan khas rakyat tersebut. Lebih tepatnya makanan tradisional. Harga yang cukup terjangkau dengan penyajian dan pelayanan yang baik menjadikan mereka seperti interpreneur muda. Saat bazar dibuka, tampak beberapa anak menikmati jajanan semanggi Surabaya. Menurut penuturannya, jajanan ini harganya terjangkau dan cukup sehat karena kaya akan vitamin A pada daun semanggi.

Dari arah yang lain, terdengar lantang seluruh personel peserta pidato memulai orasinya. Ajakan merdeka dan pekik Allahu Akbar membakar semangat para siswa. Semangat mereka terlihat ketika sama-sama mengumandangkan Allahu Akbar bersama-sama. Tangan dikepal, takbir dilantunkan, menandakan bahwa perjuangan butuh usaha dan pengorbanan.

Siangnya, semua bersiap menampilkan lomba Paskibraka. Derap langkah yang sama. Pandangan mata ke depan dan gerakan yang pasti menjadikan semuanya tampak istimewa. Dengan menampilkan kekompakan yang terbaik tersebut, siswa bisa menjadi pribadi unggul dalam memimpin dirinya sendiri. Lomba-lomba di atas merupakan life skill yang nantinya bermanfaat bagi para siswa dalam bermasyarakat dan menjadikan mereka siap menatap masa depan. (Defi Aryani, M.Psi)