Pembinaan di Kolat Koarmatim Menumbuhkan Semangat Juang dan Kebersamaan

Armatim LPF

Kolat Koarmatim

Lembaga Pendidikan Al Falah Surabaya memiliki komitmen untuk terus meningkatkan mutu dan kompetensi seluruh ustadz-ustadzah dan seluruh sumberdaya manusia yang ada di dalamnya. Banyak upaya yang dilakukan untuk hal tersebut, diantaranya dengan mengadakan pola pembinaan rutin, baik pembinaan bulanan maupun pembinaan setiap semester. Pembinaan rutin bulanan dilakukan dua kali dalam setiap bulan yang dikemas dalam kegiatan Sabtu sehat dan kegiatan usroh.

Adapun pembinaan semester dikemas dalam kegiatan evaluasi semester sebelumnya dan penyiapan semester akan datang. Khusus untuk setiap pembinaan semester selalu diupayakan ada hal baru yang diharapkan mampu meningkatkan mutu,kompetensi dan semangat juang ustadz-ustadzah.

Pada pembinaan semester II tahun pelajaran 2016-2017 dikemas dengan materi dan kegiatan yang berbeda dengan sebelumnya. Pembinaan semester yang dilakukan pada tanggal 19–20 Desember 2016 tersebut diadakan di pusat komando latihan Angkatan Laut Koarmatim Perak Surabaya. Peserta pembinaan adalah seluruh ustadz-ustadzah dan pegawai dari jenjang KB-TK, SD dan SMP. Peserta berangkat dari kantor pusat Jl Citarum 23-25 Surabaya pukul 08.00 WIB dengan naik bus TNI AL.

Sampai di Kolat Koarmatim seluruh peserta disambut mentor dari TNI AL. Sesi awal diisi dengan evaluasi pelaksanaan semester satu dan paparan rencana pengembangan ke depan. Sesi pertama ini diisi oleh Ustadzah Fauziah dan Ustadz Luqman Chakim. Setelah shalat Dhuhur seluruh peserta melakukan kunjungan ke kapal perang. Kondisi hujan saat itu tidak menyurutkan ustadz-ustadzah untuk masuk ke kapal perang. Sesi kunjungan diakhiri dengan foto bersama dengan latar kapal Dewa Ruci. Sesi kunjungan ke Koarmatim dan kapal perang bertujuan untuk menambah wawasan kemaritiman dan tentunya meningkatkan semangat kebangsaan. Selepas shalat Ashar dilanjutkan dengan sesi wawasan ke-Islaman yang diisi oleh Prof. Dr. Ir. Abdullah Shahab, M.Sc.

Hal yang menarik saat di lingkungan kolat adalah seluruh ustadz-ustadzah selalu berjalan tertib dengan berbaris rapi. Menurut mentor atau pelatih TNI AL, kebiasaan baris bersama ini akan membentuk karakter disiplin, kekompakan dan kebersamaan. Sehabis shalat Isya’ kegiatan dilanjutkan dengan game indoor yang diisi oleh tim LPF dan tim TNI AL.

Dari game tersebut peserta dapat belajar tentang komitmen. Kegiatan game indoor diakhiri jam 22.00 WIB. Malam hari seluruh ustadz-ustadzah menginap di Kolat Koarmatim. Di hari ke dua, kegiatan dibuka dengan shalat Subuh berjamaah dan taushiyah oleh Prof Ali Aziz. Lalu dilanjutkan dengan olahraga bersama dan kegiatan game outdoor yang dipandu oleh mentor atau pelatih dari TNI AL. Kegiatan pembinaan tersebut diakhiri dengan penutupan pukul 10.00 WIB. Semoga kegiatan tersebut menambah semangat dakwah pegawai. Dan semoga Allah ridha dengan yang kita upayakan. (Ashari)