Sederet Prestasi Menandai Mental Juara

Ustd. Siti Fauziah, S.Pd. menerima penghargaan dari Bapak Gubernur Jatim

Ustd. Siti Fauziah, S.Pd

Oleh : Siti Fauziah, S.Pd. (Kepala KB-TK Al Falah Surabaya)

Bulan Pebruari-Juli 2011, merupakan momen penuh pretasi yang diraih pendidik KB-TK Al Falah. Berbagai pretasi baik tingkat regional dan nasional berhasil diraih. Dimulai di bulan Pebruari, pada ajang lomba tingkat Jawa timur yang bertajuk “Teacher Award” yang diadakan di kota Malang, Siti Fauziah, S.Pd, kepala KB-TK Al Falah berhasil menjadi juara favorit pada lomba tersebut. Kegiatan lomba yang meliputi lomba membuat peraga edukatif, presentasi, karya tulis, diskusi, micro teaching dan pengumpulan porto folio. Lomba tersebut diikuti oleh 33 perwakilan kota se-Jawa Timur. Masing-masing peserta adalah para Kepala Sekolah Kelompok Bermain di kota masing-masing. Selama 3 hari setiap peserta berlomba untuk menunjukkan kemampuan mereka masing-masing. Acara tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Pendidik Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Jawa Timur.

Pada Bulan April, 2 orang perwakilan dari KB-TK Al Falah, yaitu ustadzah Sahada Sri Winarni dan Ustadzah Siti Fauziah mengikuti Lomba Pendidik dan Tenaga Kependidikan Tingkat kota Surabaya yang diadakan oleh Dinas Pendidikan kota Surabaya dengan mengambil tempat lomba di SMPN 12, Jl. Ngagel Kebonsari Surabaya. Masing-masing ustadzah mengikuti cabang lomba yang berbeda. Ustadzah Sahada Sri Winarni mengikuti Lomba Pustakawan. Lomba yang diikuti oleh perwakilan 31 kecamatan di Surabaya dari jenjang SD-SMA dan hanya ustadzah Sahada yang berasal dari jenjang pendidikan TK. Lomba meliputi tes tulis, pengumpulan portofolio dan pembuatan karya nyata disertai presentasinya. Dengan mengambil judul “Layanan Prima Perpustakaan TK Al Falah untuk Menumbuhkan Minat Baca pada Anak”, Ustadah Sahada mampu menjadi Juara I untuk tingkat kota Surabaya, bersama SMPN 17 sebagai juara II dan SMPN 23 sebagai juara III. Sementara ustadzah Siti Fauziah berhasil menjadi juara II dalam lomba Kepala TK Prestasi , dengan meliputi cabang lomba pembuatan karya nyata, tes tulis, presentasi dan pengumpulan portofolio.

Pada bulan Juni-Juli dua orang perwakilan dari Kelompok Bermain Al Falah yaitu ustadzah Suwaidah, S.Ag, mewakili pendidik PAUD dan ustadzah Siti Fauziah mewakili Pengelola PAUD mengikuti lomba Jambore Pendidik dan Tenaga Kependidikan Non Formal ( PTK-PNF) mewakili kota Surabaya ke tingkat Jawa Timur yang diadakan di Kota Batu-Malang. Dalam lomba tersebut, masing-masing 33 peserta perwakilan dari kota se-Jawa Timur mempresentasikan program unggulan di masing-masing sekolahnya. Dengan mengambil tema “Penanaman Karakter Melalui Kegiatan Special Month di Kelompok Bermain” ustadzah Suwaidah berhasil menjadi juara I pendidik PAUD tingkat Jawa Timur dan mewakili Jawa Timur di tingkat Nasional. Sementara ustdzah Fauziah yang mepersentasikan karya nyata dengan judul “Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Kegiatan Special Day” berhasil menjadi juara I untuk pengelola PAUD tingkat Jawa Timur dan berhak mewakili Jatim di tingkat Nasional yang dilaksanakan di kota Mataram-Nusa Tenggara Barat.

Setelah memenangkan lomba di tingkat Jawa Timur ustadzah Suwaidah dan ustadzah Fauziah bersama 12 peserta lain yang juga pemenang juara I dari masing-masing lomba, mengikuti karantina selama dua minggu di Balai Pelatihan Non Formal Regional IV Jawa Timur. Selama 2 minggu tersebut setiap peserta digembleng mengikuti pembekalan tentang cara presentasi yang baik. Selain itu, para peserta karantina juga dilatih kemampuan olah vokal dan gerak lagu “Sajojo” yang juga menjadi salah satu cabang lomba yang dilombakan secara tim tingkat nasional.

Pada tanggal 15-21 Juli 2011, ustadzah Suwaidah bersama ustadzah Fauziah bersama kontingen Jawa Timur berjumlah 20 orang, berangkat menuju kota Mataram-Nusa Tenggara Barat. Bertempat di Asrama Haji Mataram, 33 kontingen dari seluruh penjuru Indonesia berkumpul dan berlomba untuk menunjukkan performa terbaik. 14 cabang lomba perorangan dan 2 cabang lomba tim dipertandingkan. Untuk lomba perorangan yaitu Lomba Presentasi Karya Nyata, ustadzah Fauziah berhasil meraih Juara II pengelola PAUD tingkat Nasional, dan ustadzah Suwaidah berhasil masuk 10 besar finalis pendidik PAUD tingkat Nasional. Semoga ke di masa mendatang makin banyak prestasi yang berhasil diraih. Amin. (Fau)