Semarak Open House KB-TK Al Falah

OPEN HOUSE KB-TK

OPEN HOUSE KB-TK

Semarak suasana halaman dan ruangan kelas KB-TK Al Falah beraneka warna, saat memasuki halaman pernak-pernik hiasan lampion hasil kreasi orangtua dengan anak di rumah menambah keindahan, begitu juga koridor depan kelas dan ruang kelas penuh dengan hiasan hasil kreasi para ustadzah.

Suasana hari ini penuh canda tawa anak-anak dengan didampingi orangtua, nenek / kakeknya untuk mengikuti kegiatan Open House yang diadakan di KB-TK Al Falah pada hari Sabtu tanggal 21 Januari 2017

Beberapa agenda kegiatan telah dipersiapan untuk diikuti oleh orangtua dan anak. Kegiatan diawali dengan parenting yang diikuti oleh wali murid (orangtua) dengan tema tentang “Tumbuh Kembang Anak” yang disampaikan oleh Dr. Nur Ainy Fardana, M.Si dosen psikologi UNAIR yang menjelaskan orangtua sebaiknya mengerti dunia anak dengan cara memasuki dunianya. Anak bukanlah orang dewasa kecil yang diperlakukan seolah sudah besar. Di sela-sela presentasi Dr. Ainy (panggilan namanya) mengajak semua audiens memainkan permainan anak sambil bernyanyi sehingga semakin hangat suasana parenting. Acara ini dilanjutkan dengan konsultasi tentang masalah yang dihadapi anak, baik dalam pertumbuhan maupun perkembangannya.

Untuk kegiatan anak-anak yang calon siswa baru, anak-anak bisa mengikuti trial class yang telah disiapkan di setiap kelas sesuai sentra. Anak-anak akan moving mulai dari sentra konstruksi (membangun balok dengan aksesoris atau pelengkapnya), sentra persiapan (berhitung dan mengenal huruf dengan permainan yang bisa dilakukan secara mandiri). Memainkan angklung (mencoba memainkan bunyi angklung sesuai not angka), sentra sains (percobaan terjadinya magma yang ada di dalam gunung berapi dan percobaan terjadinya pelangi dengan menggunakan susu), sentra kreativitas (mewarnai dan membuat kreasi topi dan muka hewan), sentra main peran (memainkan peran sesuai densitas yang telah disediakan, seperti berbelanja di toko, memasak dan makan) dan densitas Al Quran (mengenal huruf Hijaiyah dan peraga yang digunakan saat mengaji).

Setiap melalui kegiatan tersebut, anak-anak mendapatkan satu stiker smiling yang ditempelkan pada take name berupa gambar. Keasyikan yang telah anak-anak alami, mereka susah diajak pulang karena ingin mencoba yang lainnya. Dan saat pulang, anak-anak mendapatkan souvenir berupa kreasi binatang yang dibuat dari kaleng dan kertas dan orangtua (bunda) mendapatkan souvenir cantik hasil karya ustadzah berupa kipas mungil dan cantik.

Di samping itu, peran anak-anak dari kelompok B ikut menyemarakkan acara dengan performance menyanyi dan menari secara lincah dan gemulai dan juga ada kegiatan Enterpreneur Kids yang dikemas lewat bazar. Yaitu menyediakan camilan ringan dan makanan/kue yang disukai anak-anak. Semoga pengalaman ini menambah pengetahuan kepada calon murid baru tentang proses pembelajaran di KB-TK Al Falah dan anak-anak senang ketika nantinya masuk di tahun ajaran baru.

(Suwaidah)