Spelfa Charity Tumbuhkan Kasih Sayang

(SUDAH EDIT Spelfa charity 2017

Berkaca pada kesuksesan kegiatan Spelfa Charity yang diadakan oleh pengurus Remas periode sebelumnya, pengurus Remas periode 2016-2017 ingin kembali mengadakan kegiatan serupa pada tahun ini. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang kepada kaum dhuafa dan anak-anak yatim piatu. Selain itu kegiatan tersebut bertujuan untuk menanamkan sikap peduli terhadap sesama dan ikhlas memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan.
Pada periode saat ini pengurus Remas mengadakan Spelfa Charity dengan mengikuti waktu dan tempat kegiatan kunjungan dan doa bersama siswa kelas 9, yaitu pada hari Jum’at tanggal 28 April 2017, bertempat di Yayasan Panti Asuhan Himmatun Ayat, Waru, Sidoarjo. Menurut data, panti asuhan tersebut membina anak-anak yatim-piatu sebanyak 69 anak, dengan rincian; 1 anak keterbelakangan mental, 2 anak yang sekolah di jenjang SMA, 9 anak yang sekolah di jenjang SMP, 25 anak yang sekolah di jenjang SD, 27 anak yang sekolah di jenjang TK dan 5 anak yang sekolah di jenjang Play Group.
Berdasarkan data di atas, pengurus Remas bersepakat menggalang barang dan dana sesuai dengan kebutuhan anak-anak di panti asuhan tersebut, yaitu berupa buku-buku bacaan atau buku pelajaran baru atau bekas yang masih layak konsumsi. Perlengkapan sekolah seperti buku tulis dan alat tulis, pakaian-pakaian baru atau bekas dan sumbangan uang seikhlasnya. Penggalangan barang dan dana santunan dilaksanakan dari tanggal 10 – 26 April 2017, saat jam istirahat pertama dan kedua dan ditempatkan di perpustakaan SMP Al Falah Deltasari.
Setelah pamflet disebarkan, surat pemberitahuan ke kelas-kelas tersampaikan dan diumumkan melalui mushalla putra dan putri, siswa-siswi beserta ustadz dan ustadzah SMP Al Falah Deltasari pun merespon dan bersemangat untuk memberikan donasinya. Ada yang mengatasnamakan pribadi, ada pula yang mengatasnamakan kelas. Ada yang menyumbangkan pakaian, buku-buku cerita, buku-buku pelajaran, buku tulis beserta alat tulis menulis, tas sekolah, boneka, alat penyuling air minum dan ada pula yang menyumbangkan uang. Semua sumbangan didata oleh pengurus Remas dan dibuktikan dengan tanda terima. Setiap hari sumbangan datang silih berganti dari awal hingga hari terakhir penggalangan barang dan dana santunan.
Pada hari Kamis tanggal 27 April 2017, pengurus melakukan penyortiran untuk menyeleksi pakaian, buku-buku dan barang-barang sumbangan lainnya yang masih layak untuk digunakan, sekaligus merekap data sumbangan dan mengepak barang-barang sumbangan. Dari hasil rekap data sumbangan, terkumpul 6 paket barang dengan rincian pakaian mulai dari ukuran anak-anak sampai ukuran dewasa berjumlah 224 pakaian. Buku-buku pelajaran, buku-buku bacaan dan buku tulis baru berjumlah 108 buku. Alat tulis berupa pulpen, pensil, stipo, penghapus, tepak dan alat tulis lainnya berjumlah 61 buah. Boneka sebanyak 8 buah. Tas baru sebanyak 6 tas, 1 alat penyuling air minum (PURE). Untuk sumbangan uang terkumpul dana sebesar 7.092.000 rupiah. Penyerahan barang dan dana santunan dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 28 April 2017, setelah kegiatan shalat Jum’at dan makan siang.
Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi pelajaran dan pengalaman berharga bagi siswa-siswi khususnya bagi pengurus Remas SMP Al Falah Deltasari. Semoga apa yang menjadi tujuan dan harapan dari kegiatan ini dapat tertanam, tumbuh dan berkembang dalam diri siswa-siswi guna membentuk generasi muda yang berakhlaqul karimah dan peduli terhadap sesama khususnya kepada orang-orang yang tidak mampu dan anak-anak yatim piatu.(tawab)