Tim Robotik Juara Lomba di Jepang

Tim Robotik Juara Lomba di Jepang Tim Robotik SD Al Falah Surabaya, lagi-lagi memenangi lomba robotika yang diselenggarakan oleh IISRO (International Islamic School Robot Olympiad) di Jepang. Kegiatan ini adalah kegiatan lomba tahunan untuk tingkat SD dan SMP. Ini adalah kali pertama SD Al Falah mengikuti kejuaraan di luar negeri. Namun sebelumnya, tim robotik ini telah berhasil memenangkan lomba yang diselenggarakan di tingkat local maupun nasional.
Punggawa kebanggan Al Falah ini beranggotakan Radja Altaf Pramudya, Radja Altaf Pramudya, M. Akbar Dzakwansyah Yusuf, Hernawan Santosa, Richello Ristyant Akbar, dan Muhmmad Rafi. Kelima-limanya adalah siswa kelas 5. Mereka telah berlatih sedemikian kerasnya sehingga layaklah jika mereka pulang dengan keberhasilan yang membanggakan.
Kejuaraan yang berhasil mereka raih diantaranya meraih juara I Soccer Auto dan Transporter, runner-up dan peringkat ketiga di kelas Sumo 1 kilogram dan peringkat kedua di soccer RC. Selain itu, SD mereka juga berhasil merebut posisi runner-up di Maze Solving dan peringkat ketiga Robot Gathering. Bukan prestasi yang sembarangan. Keberhasilan mereka ini tentu saja tidak bisa dilepaskan dari peran serta orangtua yang secara penuh mendukung kegiatan ini. “Dari semua lomba yang diikuti, lomba Soccer Auto yang paling seru, sebab kami harus bertarung melawan siswa senior,” ungkap Akbar. “Tapi, bismillah PD saja dan alhamdulillah menang,” imbuhnya.
Selama di Tokyo, mereka menginap di APA Hotel Toyama-ekimae. Selain fokus lomba, para punggawa ini tentu saja tidak melewatkan kesempatan berjalan-jalan ke Disney Land, Tokyo. “Rugi kalau sampai Tokyo gak ke Disney Land,” begitu celetuk mereka. Selama di sini, isinya senang terus, Gak sukanyanya hanya satu, kalau kita lapar, harus cari makanan halal dulu. Dan itu gak mudah,” kata Akbar. Alhamdulillah, tentu aja gak lupa salatnya juga kan?
Pada kesempatan yang berbeda, Ustaz Jantra Malewa selaku Kepala sekolah SD Al Falah menyampaikan, “Sinergi antara sekolah dan orangtua seperti inilah yang harus kita semaikan, sehingga Al Falah bisa terus mencetak generasi yang berakidah mantap, berakhlak mulia, dan berprestasi,”. Selamat ya, Nak. Teruslah berprestasi menjadi jundullah yang sholih. Menjadi kebanggan agama, orangtua, sekolah, dan bangsa. Amin (Tika)