Class Meeting Ajang Menumbuhkan Semangat Juara

Classmeeting

Class Meeting

Setelah berakhirnya Ujian Akhir Semester (UAS) tahun pelajaran 2014 – 2015, seluruh siswa tetap semangat dan giat masuk sekolah meskipun tidak ada pembelajaran di sekolah. Mereka masih menunggu hasil ujian semester diumumkan dan pembagian nilai rapot. Dua hari setelah ujian, siswa yang belum tuntas mencapai nilai KKM harus mengikuti proses remedial. Sementara itu siswa lainnya berhak mengikuti kegiatan lain yang bermanfaat. Dalam kondisi seperti ini sekolah tidak pernah sepi dari kegiatan karena OSIS SMP Al Falah mengadakan program class meeting yaitu lomba antarkelas.

Perlombaannya pun cukup banyak, ada perlombaan yang bersifat individual maupun kelompok. Agar perlombaan sukses dan meriah, OSIS menetapkan aturan sanksi tegas bagi kelas yang tidak mengikuti lomba dengan denda seratus ribu rupiah perlomba. Adapun lomba yang digelar untuk peserta individu ada catur, tenis meja, bulu tangkis, debat, pidato dan story telling. Sedangkan perlombaan dengan peserta berkelompok ada futsal, basket, seni kaligrafi, kebersihan kelas dan spelfa corner atau ajang kreativitas siswa.

Acara ini digelar hampir dua pekan mulai 10-19 Desember 2014. Panitia dari OSIS yang baru terbentuk ini cukup sibuk untuk mengatur jadwal dan tempat perlombaan. Karena semua tempat dipakai lomba hingga beberapa babak penyisihan dan final. Sebagai wujud tanggung jawab program OSIS untuk mengisi waktu setelah ujian akhir. Mereka selalu koordinasi antarpengurus dan juga melibatkan para guru pembina OSIS. “Kegiatan ini lebih bersifat mengisi waktu setelah ujian dengan ajang lomba asah bakat dan refreshing” ujar Ardio Hariya selaku ketua OSIS.

Dengan acara class meeting yang melibatkan seluruh siswa, wali kelas dan guru yang terlibat baik sebagai pembina OSIS maupun penjurian lomba, diharapkan mampu menumbuh motivasi dan sportivitas dalam meraih juara. Keterlibatan dan kepedulian dalam menyukseskan acara ini adalah wujud dari semangat juara.

Setiap perlombaan mendapatkan hadiah menarik, yang diberikan ketika hari pertama masuk sekolah di semester ke-2. Dengan rasa syukur dan bangga atas kerja keras untuk meraih juara, kelas IX-4 menjadi juara umum pada class meeting semester ini. Semangat juara tidak boleh luntur. Bagi kelas yang belum berhasil meraih juara sesuai target tidak perlu khawatir. Class meeting masih akan digelar pada akhir semester mendatang. Tentu dengan perlombaan yang lebih menantang dan menarik. (Indarto)