Kelas Persiapan

Program Kegiatan

Mengingat keunikan anak pada usia ini, maka dirancanglah program kegiatan yang menitik beratkan pada kemampuan anak dalam bersosialisasi dan melatih kemandirian mereka secara sederhana dengan suasana yang menyenangkan , dengan gambaran program kegiatan harian sebagai berikut :

  • Aku datang : kegiatan yang berisikan penyambutan anak saat datang untuk berlatih mengucap salam dan berjabat tangan dilanjutkan dengan pendampingan guru membantu anak meletakkan tas dan sepatu yang mereka bawa di tempat yang disediakan sebagai langkah membantu kemandirian.
  • Ekspresiku : kegiatan yang dirancang sebagai masa transisi dari suasana rumah menuju sekolah dengan menyediakan ruang bagi anak untuk mengungkapkan ekspresinya melalui coretan yang ia buat.
  • Aku berani : kegiatan bermain indoor di ruang soft play yang berisikan alat-alat permainan yang menstimulasi perkembangan anak, dan upaya untuk memberi stimulus pada anak agar berani mencoba hal-hal atau permainan yang baru dengan pendampingan dari guru.
  • Aku mencoba : kegiatan yang bertujuan memberikan stimulasi pada proses tumbuh kembang anak untuk mengembangkan seluruh inderanya melalui kegiatan bermain sambil belajar, belajar seraya bermain, seperti bermain plastisin untuk menguatkan jari-jemarinya, dsb.
  • Aku mandiri : kegiatan makan bekal yang dibawa dari rumah sebagai upaya agar anak berlatih menggunakan peralatan makan dan berlatih membereskan dan meletakkan di tempat yang di sediakan.
  • Aku berdoa : kegiatan pengenalan doa harian dan huruf hijaiyah secara sederhana sebagai upaya membiasakan anak pada suasana islami sejak dini.
  • Sampai jumpa lagi : Kegiatan pulang yang berisikan pembiasaan untuk berdoa dan melatih kemadirian memakai sepatu sendiri dengan pendampingan dan bersalaman dengan guru untuk diserahkan kembali pada orang tua.