Memupuk Kecerdasan Sosial Melalui Kunjungan ke Rumah Teman

Tadarus Keliling

Tadarrus Keliling

Usia kanak-kanak adalah fase yang sangat penting dalam menumbuhkan kecerdasan sosial sejak dini. Kemampuan adaptasi di lingkungan baru dan teman baru bila tidak dikenalkan sedini mungkin akan menyebabkan anak kesulitan beradaptasi di tempat yang baru.

Dengan tujuan menumbuhkan kemampuan adaptasi dan akhlaq bertamu di rumah orang lain, KB-TK Al Falah mengadakan kegiatan dengan tema “Aku Tahu Adab Bertamu”.Kegiatan tersebut meliputi dua kegiatan yaitu Tadarrus Keliling untuk TK B dan Bermain ke Rumah Teman untuk Kelompok Bermain dan TK A.

Kegiatan tadarrus keliling untuk kelompok TK B bertempat di rumah nanda Alisha Purie Nareswari dengan dihadiri tak kurang dari 70 siswa dengan didampingi 8 orang guru pendamping. Acara tersebut dipandu oleh ustadzah Rina Rahayu, S.Psi. Kegiatan diawali dengan pembacaan Ayat suci al Qur’an surat Nashr oleh Alycia April Safira, Alisha Purie Nareswari, dan Aurellia Agry Sofiah Heriyanto dan diterjemahkan oleh nanda Tirta Paramita Azmi Wiocaksono.

Setelah pembacaan ayat suci Al Qur’an, sambutan dari perwakilan KB-TK Al Falah yang disampaikan oleh ustadzah Siti Asuroiyah, S.Pd. dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak M. Cahyo Novianto selaku tuan rumah / sohibul Bayt dalam kegiatan tersebut.

Hafalan surat- surat pendek dimulai dari surat Al Fatihah sampai surat Al ‘Ashr lalu dilanjutkan dengan hafalan do’a sehari-hari dan hadits dan beberapa hadits pilihan menjadi kegiatan selanjutnya. Sebagi pamungkas acara tadarrus keliling tersebut, anak-anak mengaji berkelompok sesuai kelompok kelasnya masing-masing.

“Alhamdulillah, anak-anak antusias dalam mengikuti kegiatan ini, semoga mereka makin mencintai Al Qur-an dan semakin mudah beradaptasi dilingkungan baru sebagai bentuk dari penanaman kecerdasan sosial sejak dini “ kata Siti Assuroiyah, S.Pd., selaku Waka KB-TK Al Falah sebagai penanggung jawab acara tersebut.

Untuk Kelompok Bermain dan TK A kegiatan kunjungan ke rumah teman dilaksanakan di tiap-tiap kelas dengan jumlah peserta untuk masing-masing kelompok / kelas rata-rata 20 anak dengan didampingi 2 guru pendamping. Kegiatan bermain di rumah teman dilaksanakan kelompok KB-B1 Rahim di rumah nanda Qutby Razin Abqory Belindo, Kelompok KB-B2 – Rahman di rumah nanda Salma Alya Netthacan, Kelompok TK A1 di rumah nanda Ayyatul Husna Kamila, Kelompok TK A2 di rumah nanda Muhammad Fathan Hafizulhaq dan kelompok TK A3 di rumah nanda Alif Tayyar Onesto. Secara umum, anak-anak tampak senang mengikuti kegiatan ini, tampak dari wajah – wajah riang mereka saat mengikuti aktivitas yang disiapkan di masing-masing tempat.