Meraih Juara di Baronas 2019

Prestasi Prestasi Meraih Juara di Baronas 2019 (1)membanggakan kembali diukir oleh siswa SD Al Falah Surabaya dalam kompetisi lomba robot tingkat nasional. Mereka sukses merebut juara pertama di ajang Lomba Robot Nasional (Baronas 2019) yang digelar di gedung Robotika ITS.

Tim robot yang dipimpin Hernawan Santosa atau Osa ini berhasil menyingkirkan 160 tim dari seluruh Indonesia. Osa yang duduk di kelas VI-A SD Al Falah bersama Rayhan Amir Radjab  dan Davin Adiyatma Putra Ramadan ikut dalam nomor line tracer. “Saya yang memprogram sendiri dengan bimbingan pelatih. Saya sudah yakin kalau robot saya bakal juara,” ucap Osa.

Kompetisi cukup ketat. Semua peserta serius menerapkan aturan yang telah ditetapkan oleh panitia. Jika ada aturan yang dilanggar, maka peserta siap dinyatakan gugur.

“Sebagai orangtua saya terus dukung. Kami ikutkan ekstrakurikuler dan bimbingan khusus robotika. Tapi anaknya memang suka sehingga konsisten,” kata Nani Fitrini, ibunda Osa.

Sebenarnya tim robotika dari SD Al Falah Surabaya, terutama yang dikomandoi oleh Osa sudah banyak meraih prestasi, baik nasional maupun internasional. Sebelumnya, Osa berhasil menjadi bintang di RoboFest 2018 yang digelar di Okayama University, Jepang. Setelah kepulangannya dari Jepang Osa dan robotnya kembali tampil gemilang di ajang International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) yang digelar 7-9 September 2018 di Kuala Lumpur, Malaysia. Di ajang tersebut Osa menyabet tiga medali emas sekaligus di tiga kategori. Semoga prestasi ini terus meningkat di masa mendatang. Kiprahmu tambah keren. Selamat buat para calon teknokrat yang andal dan sholeh. Maju terus. (Abdillah)