Murajaah Setiap Hari

Murajaah Setiap Hari, Membangun Lingkungan QuraniAl Quran merupakan mukjizat untuk menggapai kesuksesan, keselamatan, keberkahan, dan kebahagiaan dalam menjalani hidup. Orang yang biasa membaca Al Quran hidupnya akan diliputi ketenangan dan kedamaian. Pendek kata, dengan membaca dan mempelajari Al Quran, kebahagiaan sudah ada di depan mata. Karena itu sangat disayangkan jika hanya menjadikannya pajangan koleksi yang berdebu karena jarang disentuh apalagi dibaca.

Dalam sejumlah hadis disebutkan tentang keutamaan orang-orang yang gemar membaca Al Quran dan mengamalkannya. Dari Abdullah bin Mas’ud Ra bahwa Rasululullah Saw bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebajikan, sedangkan satu kebajikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan bahwa alif lam mim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Sebagai Muslim, kegiatan membaca Al Quran seyogianya dibudayakan sejak dini. Harapannya, kegiatan tersebut menjadi aktivitas positif yang melekat dalam kehidupan sehari-hari. Hal itulah yang diterapkan di sekolah SD Al Falah Surabaya. Kegiatan mengaji memang sudah menjadi pelajaran pakem di sana. Namun agar menjadi pembiasaan, perlu strategi yang lebih manjur dalam penerapannya. Salah satunya adalah degan murajaah saat jam istirahat. Murajaah ini dilakukan oleh siswa yang sudah hafal juz ke-30, juz ke-1, juz ke-2, dan juz ke-3.

Untuk melatih rasa percaya diri, mereka membaca Al Quran menggunakan pengeras suara. Tentu saja bacaan mereka didengarkan oleh semua siswa. Dan jika ada kesalahan siap untuk dikoresi oleh siapa saja yang mendengarnya. Meski menambah hafalan Al Quran mempunyai kesulitan tersendiri, namun dengan murajaah semacam ini, anak-anak terbiasa mendengar sehingga lebih mudah menambah dan memperkuat hafalan. “Untuk menjaga hafalan dan melatih percaya diri serta membentuk lingkungan Qurani,” tutur Ustaz Ashari, Waka Kesiswaan. (Abdillah).