Student Goes to Bengkel

Siswa SD Sedang Observasi

Observasi di AUTO2000

Pada hari Senin (1/9/2014) Ustad Jandra Malewa, selaku wakil kepala sekolah mendapat undangan dari PT. Toyota Astra Motor dalam rangka “Student Goes to Bengkel”. Beliau bergegas memberitahu siswa kelas VA untuk mempersiapkan diri mengunjungi dealer dan office Auto 2000 di Jl. A. Yani, Surabaya. Anak-anak nampak begitu antusias mendengar kabar tersebut.

Esok harinya, Selasa (2/9/2014) tepat pukul 09.00 lima mobil penjemput dari Auto 2000 sudah siap mengantar anak-anak menuju lokasi. Seluruh siswa nampak tidak sabar untuk segera berkunjung, tidak lupa sebelum berangkat anak-anak didampingi Ustadzah Maryam selaku wali kelas berkumpul dan berdoa bersama.

Perjalanan memakan waktu dua puluh menit, disepanjang perjalanan keingintahuan anak-anak nampak sudah tak terbendung, mereka mulai berceloteh mengenai berbagai macam jenis mobil, bahkan beberapa dari mereka tidak segan bertanya mengenai mobil-mobil keluaran terbaru dari Toyota. Team penjemput tersenyum puas dengan berbagai pertanyaan dari anak-anak.

Destinasi pertama kami adalah area showroom, di sana terpajang berbagai macam jenis mobil Toyota. Beberapa pegawai menjelaskan kelebihan dan kehandalan mobil-mobil tersebut. Anak-anak sangat bersemangat untuk mencari tahu. Salah satunya adalah Dhemaz Zhafief Akbar, ia mengaku kini mulai menyukai mobil-mobil sport, bahkan ketika mengunjungi area showroom ia selalu ingin mencoba.

Setelah melihat berbagai mobil, anak-anak melanjutkan perjalanan menuju kantor Auto 2000. Tak lupa mereka mengucapkan terima kasih sebelum keluar. Di kantor Auto 2000 rombongan disambut oleh Ibu Iin, selaku kepala administrasi kantor. Beliau juga memperkenalkan tim yang bertugas untuk memandu kegiatan anak-anak selama di sana, yaitu Bapak Andre, Bapak Kris, dan Bapak Rizal. Bapak Iksir Imanuwell Thouby, selaku kepala cabang Auto 2000 A. Yani juga ikut memberikan sambutan dan ucapan terima kasih atas kedatangan dan partisipasi SD Al Falah Surabaya dalam program Student Goes to Bengkel kali ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Pre-test, di sini anak-anak diuji mengenai pengetahuan dasar tentang mobil. Lalu panitia membagi anak-anak menjadi tiga kelompok, yang diberi nama kelompok Yaris, kelompok Alphard, dan kelompok FT 86.

Kelompok Yaris diajak mengelilingi bengkel dan menyaksikan proses servis mobil. Di sini antusiasme mereka mulai memuncak, mereka juga mengamati alat apa saja yang digunakan oleh para mekanik. Kelompok kedua yaitu kelompok Alphard yang berkesempatan menengok bagian Customer Service. Anak-anak diajak melihat bagaimana service advisor bekerja, yaitu menerima keluhan dari customer dan melayani proses booking. Anak-anak bahkan turut meminta kartu booking. Sedangkan kelompok FT 86 mengunjungi area showroom yang terletak di bagian depan bangunan, meski sebelumnya sempat berputar melihat berbagai macam mobil namun semangat mereka tidak memudar. Mereka mengamati interior dan eksterior yang ada pada mobil. Beberapa anak juga sempat menanyakan harga dari mobil-mobil tersebut seolah-olah sebagai customer.

Setelah puas mengamati seluruh proses pekerjaan yang ada di Auto 2000 anak-anak menikmati snack dan beristirahat sejenak. Acara dilanjutkan dengan Post test, masih mengenai pengetahuan dasar tentang mobil. Di sini anak-anak mengerjakan dengan lebih lancar dan percaya diri. Siswa yang mendapat nilai tertinggi yaitu Diaz Digita Ramadha, Mohammad Ergi Raihananta Binantoro, dan Rano Naumi Sulistiyono. Ibu Iin juga membagikan hadiah dan dooprize kepada anak-anak dengan memberi pertanyaan seputar mobil dan Toyota.

Selesailah sudah serangkaian kegiatan anak-anak di bengkel Auto 2000 A.Yani, semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat dan kelak di kemudian hari anak-anak inilah yang akan menjadi generasi penerus pelaku ekonomi di Indonesia. Amin.