Study Excursie 2K18 Spelfas

Study Excursie 2K18 U Rafik edited (3)Pada tanggal 11 Desember 2018,  SMP Al Falah Surabaya (Spelfas) mengadakan kegiatan belajar di luar sekolah. Kegiatan tersebut  diberi nama Study Excursie 2K18. Acara dimulai dari pukul 0730 sampai dengan 14.00. Siswa-siswi tampak bersemangat mengikuti kegiatan tersebut.

Setelah diberi sedikit pengarahan dan berdoa, rombongan segera memasuki bis. Lokasi tujuan pertama adalah  Trotter Equestrian Center Surabaya Ridding School. Di lokasi ini, para siswa dikenalkan pada sebuah olahraga yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Saw yaitu berkuda.

Sebelum mencoba berkuda, instruktur menjelaskan tentang perbedaan menaiki dan menunggang kuda. Menaiki berarti sekedar naik di atas kuda, tidak berusaha mengendalikan kuda karena ada instruktur yang mengarahkan. Sedangkan menunggang berarti berada di atas kuda dan mengendalikan kuda tersebut. Syarat untuk bisa menunggangi seekor kuda adalah adanya chemistry antara penunggang dan sang kuda.

Menurut instruktur di sana, jika penunggang hatinya sedang tidak tenang kuda merasakan itu dan memberikan reaksi ketidaknyamanannya dengan menggerakkan daun telinga ke belakang dan bisa membahayakan penunggang.  Kuda juga tidak nyaman dengan gerakan tiba-tiba yang mengejutkan. Sebaliknya suka disentuh atau ditepuk yang sering dilakukan setelah penunggang setelah selesai sebagai hadiah kepada kuda tersebut . “Sungguh mengasikkan. Kapan lagi ke sini Ustaz-Ustazah?” pernyataan yang sering terdengar dari siswa saat mereka di bus sesaat setelah meninggalkan lokasi Trotter Equestrian Center Surabaya Ridding School, untuk menuju ke lokasi kegiatan berikutnya.

Lokasi kedua adalah  Pelabuhan Tanjung Perak, lebih tepatnya Surabaya North Quay (SNQ) . Sebelum sampai ke tujuan mereka singgah dulu di Masjid Mujahidin Surabaya guna melaksanakan salat wajib zuhur secara bersamaan.

Setibanya di SNQ anak-anak melakukan kegiatan observasi dan wawancara dengan humas SNQ. Beragam rasa penasaran siswa-siswi tentang SNQ terjawab  dengan jelas melalui penjelasan yang lengkap dari pihak humas. Setelah observasi, siswa diberikan kesempatan untuk menikmati situasi sekitar. Di sini siswa-siswi dimanjakan dengan fasilitas yang memadai seperti spot untuk berfoto, cafetaria dan  pemandangan laut yang indah serta hadirnya kapal pesiar dari Singapura yang menjulang tinggi layaknya hotel bintang lima.

Tanpa terasa waktu memaksa untuk mengkahiri kegiatan tersebut. “Semoga kegiatan memberikan kesan mendalam kepada siswa-siswi kita dan semoga kerja sama yang dilakukan panitia untuk mensukseskan acara ini dicatat sebagai amal ibadah,” harap Ustazah Eka.  (A.Rafik)