Terdepan dalam Inovasi Pendidikan

Kegiatan "Happy Morning" di KB-TK Al FalahKegiatan “Happy Morning” di KB-TK Al Falah

Terdepan dalam Inovasi Pendidikan

KB-TK Al Falah dalam kiprahnya banyak memberi inspirasi bagi sekolah-sekolah yang ada di Surabaya, Jawa Timur, maupun di Indonesia pada umumnya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kunjungan atau studi banding ke KB-TK Al Falah Surabaya.

Tak hanya sekolah di Surabaya, bahkan dari luar pulau Jawa seperti Balikpapan juga berkunjung untuk mengadopsi kebaikan KB-TK Al Falah. Berbagai program kegiatan pembelajaran mendapat perhatian baik para tamu.

Seperti yang dikemukakan oleh Sadiyah Mewar, perwakilan HIMPAUDI kota Malang yang tertarik dengan kurikukulum karakter yang diterapkan di KB-TK Al Falah. “Kombinasi dan paduan kurikulum di KB-TK Al Falah memiliki ciri khas tersendiri, sehingga penanaman karakter yang ada dapat dilaksanakan sesuai dengan kekhasan sekolah ini,” ujarnya.

Kesan ini memang selaras dengan target yang dicanangkan KB-TK Al Falah. Proaktif terhadap Pendidikan Berbasis Karakter yang telah dicanangkan Kementrian Pendidikan Nasional, sejak tahun pelajaran 2011-2012 KB-TK Al Falah mengimplementasikan pendidikan berbasis karakter pada kegiatan pembelajarannya. Pada setiap tema pembelajaran selalu ada satu butir penanaman karakter yang ditekankan.

Tak hanya kurikulum berbasis karakter yang menjadi perhatian para tamu yang berkunjung. Kegiatan Happy Morning atau bermain pagi juga menjadi salah satu daya tarik pengamatan peserta studi banding. Seperti yang diungkapkan Setya Rini, salah seorang tamu dari Badan Persatuan Taman kanak-kanak Islam (BPTKI) Balikpapan, menurutnya, kegiatan bermain sebagai pembuka kegiatan pagi dan bukan berbaris sebagaimana sekolah lain pada umumnya, mampu membangkitkan minat anak dalam memulai aktivitas di sekolah. “Kalau saat datang sudah disambut dengan berbagai permainan, tentu perasaan senang akan meliputi perasaan mereka,” kata Setya Rini tentang hasil pengamatannya.

Pembelajaran Tilawati juga tak kalah menariknya bagi tamu yang lain. Kali ini rombongan tamu dari Al Khairiyah yang berada di kawasan Perak, Surabaya. Beranggotakan 10 orang pendidik, mereka datang untuk melihat pola pembelajaran Tilawati. KB-TK Al Falah menjadi KB-TK percontohan nasional untuk pengajaran Tilawati. “Subhanallah, kami begitu kagum melihat anak-anak begitu rapi dan tertib mengikuti kegiatan klasikal baca simak. Sistem pembelajaran yang dilakukan benar-benar tertata, baik dalam praktek pengajarannya. Sampai administrasinya, begitu detail dan rapi, banyak yang masih harus kami pelajari agar bisa seperti Al Falah ini,” kata Ike Nurhayati, S.Pd, kepala TK Al Khairiyah.

Kegiatan pembelajaran Sentra dan Moving Class serta pengenalan keaksaraan dengan metode Fonik juga menarik perhatian tamu dari TK Restu Malang. Banyak hal yang menjadi bahan diskusi saat sesi tanya jawab diberikan. Bagi mereka, ternyata mengenalkan membaca pada anak ternyata dapat di kenalkan dengan cara yang menyenangkan pada anak. “Sistem pengenalan keaksaraan disini begitu sistematis, mulai dari pembiasaan peminjaman buku perpustakaan, pengenalan membaca dengan cara menyenangkan yang rutin dibiasakan setiap hari,” kata kepala TK Restu.

Berbagai program yang dilaksanakan di KB-TK Al Falah sejatinya memang dirancang untuk membuat kegiatan pembelajaran menyenangkan bagi anak-anak. “Bagi kami, berubah menjadi lebih baik merupakan sebuah keharusan. Maka kegiatan Kelompok Kerja Guru maupun koordinasi-koordinasi rutin menjadi kegiatan yang terus kami lakukan, agar kualitas diri teman-teman pendidik terus meningkat. Guru yang baik akan meningkatkan pula kualitas anak didik kita,” kata Ustadzah Siti Fauziah, S.Pd. saat menjawab pertanyaan dari para tamu. (fz)