WARTAWAN DAN CORONA

HARI PERS (5)Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia. Karena tahun 2020 peringatan hari pers bertepatan dengan hari minggu maka KB-TK Al Falah memperingati hari pers di hari Jumat tanggal 7 Februari tahun 2020, yang di adakan di halaman sekolah.

Wartawan bagi KB-TK Al Falah adalah mitra sekolah yang banyak membantu dan ikut andil dalam meliput setiap kegiatan yang di selenggarakan oleh sekolah, dengan diliputnya setiap kegiatan sekolah maka KB-TK Al Falah semakan banyak dikenal masyarakat untuk itu sebagai ungkapan rasa terimakasih dan Apresiasi yang tak terhingga bagi seluruh wartawan setiap tahun kami memperingati hari Pers.

Acara dimulai tepat pukul 08.00 yang diawali live performence menyanyi setiap masing-masing kelas, dari KB, TK A dan TK B. Hari ini semua anak-anak gembira dengan memakai dresscode batik,  pandangan tak beralih ke panggung yang dihiasi bunga-bunga dan rumbai-rumbai menambah semarak acara tersebut, ditambah duet MC Ustadzah Anin dan Ustadzah Nunik yang antusias dan bersemangat dalam memandu acara.

Semua undangan yaitu wartawan sudah datang dan berkumpul dengan di sambut tarian ahlan wa sahlan oleh TK B, maka acara inti pembukaan dimulai dengan membaca basmalah, pembacaan ayat suci alquran surat Al Maidah ayat 83-88 yang dibacakan oleh ananda Aisyah (B3) dan diterjemahkan oleh ananda Arsya (B2), dilanjutkan acara menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti seluruh siswa KB-TK Al Falah, Ustadzah dan para undangan bapak ibu wartawan, semua dimohon berdiri, seru MC ustzdah Nunik.

Ucapan terimakasih yang disampaikan untuk wartawan oleh Kepala KB-TK Al Falah Ustdzah Rina Rahayu, S.P.si di dalam sambutannya juga berpesan kepada para wartawan agar selalu bekerja sama dengan KB-TK Al Falah, lebih aktif lagi membuat berita yang penuh bertanggung jawab dan menjunjung tinggi fakta serta data yang akurat.

Sedangkan sambutan dari wartawan yang diwakili oleh Kak Tulus dari Warta Indonesia, memberi pesan kepada anak-anak KB-TK Al Falah, jika ingin menjadi wartawan yang utama harus mempunyai sikap yang jujur, berbakti kepada orang tua, belajar berkomunikasi yang baik dan mau bekerja keras, ucap kak Tulus mengakhiri sambutan dengan harapan kelak anak-anak ini ada yang jadi wartawan.

Persembahan untuk wartawan yaitu parade puisi dengan judul “Wartawan” yang dibacakan oleh 6 siswa TK B, yaitu nanda Niha (B1), Vino (B2), Arsya (B2), Irene (B3), Naysa (B3) dan Sahla (B3), dibacakan dengan sangat kompak, membuat acara peringatan hari pers semakin mengharukan.

Sebagai acara pamungkas sosiodrama dengan judul “Corona Virus” membuat anak-anak para penonton sangat antusias dalam menyaksikan adegan demi adegan, terlihat saat ada suara sirine ambulan membawa pasien yang kedapatan suhunya mencapai 38 derajat yang berada di bandara sepulang dari berlibur ke luar negeri, yang diperankan oleh nanda Aska Rania (B3). Sebagai akhir dari cerita sosiodrama pada adegan konferensi pers yang diadakan di Rumah Sakit nanda Abel (B3) yang berperan sebagai dokter menyatakan bahwa pasien tersebut tidak terjangkit virus corona hanya sakit flu biasa sebagai jawaban dari nanda Qisya (B2) yang bertugas sebagai reporter TV Al Falah yang bertanya dan sebagai kameramen nanda Kenzie (B2) yang selalu sigap dalam peliputan. Itulah akhir cerita dari sosiodrama yang membawa pesan bahwa makanan yang kita makan harus yang halal dan thoyyib dan menjadi seorang wartawan itu adalah pekerjaan yang sangat mulia.

Tak terasa pukul 10.00 tepat acara peringatan hari pers telah usai, semua kakak-kakak wartawan dipersilahkan mengikuti acara ramah tamah berkumpul di perpustakaan untuk menikmati tumpeng nasi kuning bersama sambil bercengkrama cerita cerita pengalaman mereka selama menjadi wartawan dan semua anak-anak masuk kelas untuk istirahat dan makan bersama. Alhamdulillah dari kegiatan peringatan hari pers ini anak anak mendapatkan pengalaman berharga yang tak terlupakan tentang peran penting profesi wartawan.

Semoga apa yang kita usahakan untuk memberikan pengalaman berharga pada anak melalui rangkaian kegiatan inovatif dan kreatif peringatan hari Pers hari ini menjadi amal jariah kita kelak, wallahu a’lam bisyowab.

Nunik – KB TK