YIN YANG

Catatan Dion Sultan Ciptadimulya
###YIN YANG

Seorang pendekar tangguh di daerah China memakai jubah bergambar logo Yin Yang sedang bertarung melawan vampire, setelah bertarung cukup lama sang vampir akhirnya mulai lemah, saat sang pendekar akan melenyapkan vampire lalu…tok..tok…tok…hayoooo…belajar sana…!!!..orang tua saya menyuruh saya belajar…Itu lah saya pada saat masih SD. Saya sangat gemar nonton film silat mandarin, saking ngefans nya sama pendekar dalam film itu saya jadi suka dengan logo yin yang, harapan saya supaya bisa sakti seperti pendekar itu,harap maklum anak SD.

Pada saat saya di China, kembali saya menemui logo yin yang, bukan pada jubah, tapi pada buku yang ada di toko buku xin hua shu dian. buku itu membahas tentang filosofi Yin Yang, setelah saya baca buku itu saya semakin tertarik dengan filosofi Yin Yang yang ternyata memiliki makna luas dan luar biasa,yang membuat saya semakin tertarik ternyata ada beberapa filosofi Yin Yang tersebut ada kesamaan dengan kitab Al Quran ( walaupun ada beberapa pemikiran yang tidak sama dengan Al Quran )

Yin Yang lengkapnya di sebut Yin Yang Mao Dun Guan adalah filosofi Tiongkok kuno, merupakan ajaran yang di bawa oleh Lao Zi, seorang filsuf dari Tiongkok. Logo Yin Yang memang terlihat sederhana yaitu sebuah bulatan didalamnya terdapat gambar seperti gambar dua ikan, yang satu berwarna putih dan satunya berwarnya hitam, di dalam warna hitam ada titik warna putih dan di dalam warna putih ada titik hitam, namun dibalik logo yang “sangat sederhana “ itu terdapat makna yang luar biasa sekali. Filosofi tersebut menjadi dasar pemikiran masyarakat Tionghoa hingga hari ini, bahkan ilmu kedokteran tradisional Tiongkok pun ( Zhong Yi , dokternya biasa di sebut Shinse ) harus menguasai filosofi Yin Yang baru dapat memahami sistem pengobatan tradisional tersebut.

( Yin ) dalam Yin Yang menggambarkan sesuatu yang sifatnya dingin dan cenderung dingin,lemah, seperti: wanita, malam, dingin,dll dan ( Yang ) dalam Yin Yang menggambarkan sesuatu yang cenderung panas, kuat seperti : Pria, Siang, Panas. Sifat Yin dan Yang selalu bertolak belakang, namun penerapan dalam kehidupan Yin dan Yang harus imbang ( stabil ), apabila tidak stabil maka akan menimbulkan ketidak serasian dalam kehidupan. Dalam artikel ini saya hanya memaparkan sebagian saja makna yang terkandung dalam filosofi Yin Yang dan keserasiannya dalam Quran :

1. Melambangkan adil : pada logo besar ikan yang ada di dalam lingkaran tersebut sama besar, ini melambangkan kita harus adil. Dalam Al Quran surat :
* QS Al Maidah ; 8 : …………Dan jangan sekali kali kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil……
* QS Al Maidah ; 8 : …Berlaku adillah, karena adil itu dekat kepada takwa
* An Nahl ; 90 : Sesungguhnya Allah menyuruh ( kamu ) berlaku adil dan berbuat kebajikan…..

2. Apa yang ada di alam semesta ini di ciptakan secara berpasang – pasangan, ada laki ada perempuan, ada siang ada malam, ada panas ada dingin,dll. Dalam Al Quran surat:
* QS Ya sin ; 36 : Mahasuci Tuhan yang telah menciptakan pasang – pasangan semuanya
* QS Fathir ; 11 : Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang – pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah

3. Di dalam warna hitam ada titik warna putih dan di dalam warna putih ada titik hitam, contoh yang paling gampang untuk membedah makna ini dapat di lihat pada kekuatan seseorang, sekuat kuatnya orang pasti memiliki kelemahan dan selemah-lemahnya orang pasti punya kekuatan.

4. Menggambarkan keseimbangan, bahwa kehidupan ini harus seimbang, apabila tidak imbang maka akan terjadi ketidak serasian dalam kehidupan, ada yang dampaknya kecil ada yang dampaknya besar, salah satu contohnya adalah komposisi dalam tubuh kita, apabila kita makan dan minum secara berlebih dan agak ngawur maka dalam tubuh kita terjadi penyakit seperti kolesterol, asam urat,dll. Namun bila pola makan dan minum kita teratur dan seimbang empat sehat lima sempurna serta sesuai takaran yang dibutuhkan tubuh kita maka kita akan lebih sehat.
* QS Al Infithar 6 – 8 : Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhan mu Yang Maha Pemurah. Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan ( susunan tubuh ) mu seimbang, dalam Dia kehendaki, Dia menyusun tubuh mu

Berikut adalah beberapa kata – kata yang di petik dari Filosofi Yin Yang berdasar teks asli dan kesamaan dengan Al Quran:

Filosofi Yin Yang | Ayat Al Quran
————- | ————-
Ri wang ze yue lai, yue wang ze ri lai |
Ri yue xiang tui er ming sheng yan |
Matahari berlalu kemudian bulan datang, bulan berlalu kemudian matahari datang, matahari dan bulan saling bergantian maka timbullah terang | Dia memasukkan malam kedalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam, dan menundukkan matahari dan bulan masing masing berjalan menurut waktu yang di tentukan…. ( QS Al Fatir 13 )

Dari uraian diatas tergambar bahwa beberapa filosofi China juga ada dalam Al Quran, mungkin ini salah satu alasan mengapa Rasulullah SAW berkata “ carilah Ilmu sampai ke negeri China”, karena banyak sekali yang dipelajari di sana, namun kita tetap harus bisa memilah, pemikiran atau filosofi yang sejalan dengan Al Quran dan yang tidak sejalan dengan Al Quran sehingga kita tetap berada dalam keimanan Islam.